Protect Yourself


Setelah SOPA dan PIPA (see reference here and here), US Senat berencana memberikan approval bagi US Govt untuk memantau traffic jaringan dengan “full extend electronic surveillance” (New York Times 28/12/12). Apa yang dimaksud dengan “full extend” masih berada dalam area abu-abu. Apakah US Govt akan melakukan tapping (record) pada komunikasi yang “berada” di US atau semua yang “melintasi” negaranya? Yang lebih penting lagi, apakah kita (netizen) bersedia memberikan akses penuh terhadap semua jalur komunikasi yang kita miliki? Facebook, Twitter, Yahoo!, Gmail, etc etc.

Jika jawabannya “tidak”, maka solusi dibawah mungkin untuk anda🙂

  • Control yourself.

Socmed memiliki kekuatan untuk merubah karakter seorang. Seorang yang awalnya pendiam dapat berubah menjadi atraktif di socmed. User socmed juga cenderung abai akan keamanan dari setiap keping informasi yang di-share  di wall/timeline. Share makanan/baju yang anda pakai mungkin tidak jadi masalah, tetapi apakah anda sadar bahaya dari sharing foto close up atau lokasi anda berada saat ini? Atau setiap keping informasi yang memuat data unik anda?

Kemampuan mengendalikan diri adalah kunci utama dari network security.Sehebat apapun perangkat dan aplikasi, tidak akan berpengaruh banyak jika user tidak menggunakan common sense yang dimilikinya. So, control yourself!

  • Keep yourself informed

The world is changing bro! if you don’t aware, better prepare to be framed. Baca, baca dan baca. Apa yang terjadi di

  • Use proper tools

Ada bermacam-macam aplikasi yang dapat digunakan untuk mengendalikan/menyamarkan traffic kita, belajarlah mengenali fungsi masing-masing aplikasi dan dimana serta kapan aplikasi tsb perlu dan harus digunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s