Perkuliahan IBT Pasca UTS


Setelah saya review ulang jawaban UTS IBT 34-05, ternyata konsep dasar sudah dipahami oleh mayoritas mahasiswa. Hanya mungkin aspek detail dari jawaban tersebut yang kurang tajam. Konten perkuliahan IBT memang bersifat dualisme, antara fundamen/konsep (internet) dan aplikasi (bisnis telekomunikasi). Karena itu bahan kuliah tidak bisa hanya mengandalkan slide dari dosen, karena perkembangan dan arus informasi begitu cepat jika dibandingkan dengan proses perkuliahan. Hal ini pula yang mendasari alasan saya “memaksa” mahasiswa mencari bahan perkuliahan mandiri melalui presentasi protokol.

Sesuai kontrak belajar kelas diawal perkuliahan, nilai UTS hanya memiliki bobot 30% sehingga beban nilai terbagi rata ke UAS dan Presentasi Tubes (online store). Quiz dan Tugas pun hanya saya ambil 3 terbaik dari 6 kali, ini setara dengan 10%. Katakanlah nilai UTS 50 poin karena satu dan lain hal, maka untuk mendapatkan A di Nilai Akhir, Presentasi & Tubes harus 90 poin dan UAS boleh “sebatas” 75 poin. Saya kira ini mudah saja, selama ada kemauan menjalani proses🙂

Saya juga mencoba menggunakan metode FGD di kelas pasca UTS, selain untuk menggambarkan proses riil pengambilan keputusan dalam perusahaan, proses ini juga melatih mahasiswa untuk menggunakan seluruh konten perkuliahan dalam membangun bisnis online. Saya tidak mengharapkan Tubes menjadi beban, tetapi menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa di kelas untuk “terjun bebas” dan mendapat skill yang bermanfaat dari perkuliahan ini.

Pasca UTS, perkuliahan dibagi 2 sesi. Sesi pertama konten/materi kuliah mengenai bisnis telekomunikasi, struktur dan prosesnya. Sesi kedua adalah FGD per grup/perusahaan, dimana mahasiswa mencari kesesuaian antara konten perkuliahan (pada sesi 1) dan profil perusahaan yang dibuatnya (dalam rangka Tubes).

Oh ya, mengenai UTS maksimal sampai perkuliahan sore ini saya terima komplainnya, langsung bawa berkas ujian di kelas. Setelahnya, sebaiknya anda lupakan saja nilai itu, agar ia tak menjadi beban🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s